Sabtu, 29 Juni 2013

Mengatasi Error B200 pada printer Canon iP2770



Error B200 pada printer canon iP2770 merupakan error yang terjadi karena tegangan kerja printer yang masuk ke catridge tidak stabil. Hal ini dikarenakan beberapa faktro diantaranya:

  1. Sering terjadi lonjakan tegangan PLN yang mensuplai printer. Bisa disebabkan karena tiba – tiba listrik padam dan nyala sedangkan kontak printer masih terhubung meskipun printer dalam keadaan off.
  2. Catridge yang sudah error, meskipun masih bekerja seperti halnya catridge normal akan tetapi catridge ini mengkonsumsi arus lebih besar dari pada catridge yang masih normal.
Error B200 ditandai dengan munculnya pesan error pada saat printer diperintahkan bekerja. Biasanya pesan error ini memberikan keterangan untuk melepas sambungan listrik dan menghubungi kontak servis. Kemudian setelah pesan error ini muncul printer akan berkedip pada indikator resume(orange) dan indikator power(hijau) secara bergantian.
Error B200 dapat diatasi sendiri atau jika anda kurang yakin silakan bawa ketempat servis printer biasanya anda ditawarkan untuk ganti logic board yang harganya hampir sama dengan harga printer baru.
Untuk mengatasi error ini perlu dilakukan pengecekan pada 3 bagian utama yaitu power supply printer, catridge, dan logic board. Sehingga berikut langkah – langkah mengatasi error B200 pada printer canon iP2770.


Langkah 1. Pemeriksaan Catridge

Untuk pemeriksaan catridge yang perlu diperhatikan adalah apakah catridge normal atau tidak sebelum error terjadi, jika ada salah satu atau keduanya yang tidak normal, besar kemungkinan error ini terjadi karena catridge. Akan tetapi apabila sebelum error catridge masih bisa buat mencetak periksa lebih lanjut apakah catridge original atau tidak, apakah catridge kosong atau tidak. Catridge yang tidak original tidak dapat menjamin kualitas kerja dan kesetabilan kerja printer sehingga jika ternyata catridge yang dijumpai ternyata catridge non-ori cobalah pakai catridge yang original jika tidak ada catridge original bisa dilewati untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya.
Catridge kosong juga dapat menyebabkan error B200 terjadi karena catridge yang kosong akan mengkonsumsi arus yang berlebih jika dipaksakan bekerja. Ini biasanya terjadi pada catridge warna, karena kebanyakan pengguna tidak langsung mengganti catridge warna yang kosong dikarenakan masih bisa bekerja untuk keperluan  pencetakan dokumen tidak berwarna. Sehingga disarankan apabila belum sempat mengganti atau mengisi tinta sedangkan pekerjaan pencetakan dokumen harus dilakukan dan masih bisa dilakukan dengan satu catridge pada bagian stelan catridge dipilih “color only” untuk tidak menggunakan catridge hitam atau “black only” jika yang tidak digunakan catridge warna. Apabila error disebabkan karena catridge kosong yang digunakan terus – menerus dapat dicoba dengan memasang catridge yang baru.

Langkah 2. Pemeriksaan Power Supply

Untuk memeriksa power suply printer, lepaskan power suply dari box printer. Power Supply printer canon merupakan box terpisah sehingga tidak perlu membongkar chasing printer. Untuk iP2770 tinggal mencongkel 1 pengait dan melepaskan konektor power suply dengan logic board.
Lakukan pengukuran tegangan pada power supply, apakah teganganya stabil atau tidak. Jika tegangan tidak stabil coba ganti dengan power supply yang masih normal atau yang baru jika ada. Jika anda memutuskan untuk membetulkan power supply printer, hati – hati dalam membuka chasing power supply supaya chasing tidak pecah dan dapat digunakan kembali.
Gambar 1. Power Supply Canon iP1880

Gambar diatas merupakan rangkaian power supply canon iP1800, untuk sebagian besar printer canon komponen dan rangkaianya hampir serupa hanya beda lokasi konektornya saja.
Komponen power supply yang sering bermasalah adalah elco,FET, dan Transistor dan terkadang zener yang bocor. Lakukan pemeriksaan pada komponen – komponen tersebut. Hati – hati dengan sengatan arus listrik meskipun jack AC tidak terhubung dengan listrik PLN pastikan muatan pada elco nomor 1 (pada gambar) kosong untuk jaga – jaga (pertama kali saya memperbaiki power supply printer kesetrum karena muatan elco belum kosong, dan arusnya lumayan besar. Kalau ga percaya coba saja sendiri...).

Langkah 3. Pemeriksaan Logic Board

Gambar 2. Logic board canon iP2770
Gambar diatas adalah logic board canon iP2770. Bagian yang sering bermasalah jika terjadi error B200 adalah unit pengatur tegangan yang mengalir ke catridge (dalam lingkaran merah). Periksa apakah ada komponen yang terbakar atau jalurnya rusak atau berkarat. Bersihkan logic board dengan tiner atau alkohol atau minyak kayu putih hingga bersih. Komponen yang sering bermasalah adalah komponen switchingnya yaitu pada FET. Periksa apakah tegangan output FET stabil atau tidak jika tidak ada kemungkinan FET rusak, cek terlebih dahulu tegangan gate pada FET normal atau tidak. Jika tidak ganti R7K5 dengan yang baru jika tidak ada resistor SMD chip bisa pakai resistor keramik biasa yang penting anda bisa memasangnya.
Demikian langkah – langkah mengatasi error B200 yang sering terjadi pada canon iP2770. Semoga bisa bermanfaat bagi yang mambacanya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar